Beranda » Adventure » Wisata Pendakian Gunung Kerinci, Pengalaman Menaklukkan Puncak Tertinggi Sumatra

Wisata pendakian Gunung Kerinci adalah salah satu aktivitas liburan menarik ketika kamu datang ke Sumatra. Tentunya alternatif ini lebih dilirik oleh para adventure yang hobi mendaki gunung dan merasakan sensasi liburan di alam liar. Gunung Kerinci sebagai bagian dari area Taman Nasional Kerinci Seblat adalah lingkungan cukup liar.

Wisata Pendakian Gunung Kerinci

Wisata Pendakian Gunung Kerinci

Habitat asli harimau Sumatra ini menjadi semakin menantang karena setiap pendaki harus waspada terhadap sergapan binatang buas tersebut. Terletak pada ketinggian 3.805 mdpl, Kerinci sebagai bagian dari Pegunungan Bukit Barisan memiliki puncak tertinggi di daratan Andalas. Bagi kamu yang penasaran ingin menaklukkan gunung aktif satu ini wajib datang dan menjajal track menantangnya.

Berdasarkan ketinggiannya, titik tertinggi Kerinci mencatatkan diri sebagai satu diantara 7 summit, artinya merupakan salah satu gunung dengan puncak paling tinggi khususnya di Indonesia. Berdasarkan pembentukannya, Kerinci termasuk gunung berapi dengan tipe stratovolcano. Disini terdapat kawah dengan kedalaman sampai 600 meter. Sebelum berangkat ke objek pendakian tersebut, ketahui beberapa informasi berikut.

Lokasi dan Rute Menuju Spot Pendakian

Wisata pendakian Gunung Kerinci terbagi menjadi dua pilihan jalur, yaitu Kersik Tuo dan Solok. Kalau kamu menginginkan jalur lebih bersahabat, sebaiknya memilih Kersik Tuo. Jalur ini lebih banyak disukai ketimbang via Solok yang memiliki medan lebih sulit dan ekstrem.
Pemberangkatan dengan pesawat bertolak dari airport Soekarno-Hatta menuju ke airport Sultan Thaha Jambi. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat kecil ke Sungai Penuh (Bandara Depati Parbo). Setelah itu dilanjutkan dengan naik ojek menuju Pintu Rimba. Bisa juga dengan angkot Kayu Aro hingga sampai Desa Kersik Tuo (basecamp).

Jalur Pendakian Sampai Puncak Tertinggi

Wisata pendakian Gunung Kerinci memiliki medan cukup menantang di tengah hutan liar eksotis. Titik awal pendakian dimulai dari Pintu Rimba, yaitu pos perizinan untuk melakukan registrasi, ini wajib dilakukan oleh semua pendaki. Sebelum mencapai Pintu Rimba, kamu akan disambut hamparan perkebunan teh Kayo Aro nan hijau dan luas.

Ada 3 pos dan beberapa shelter yang akan kamu lewati selama pendakian. Pos 1 berupa jalur tanjakan awalan sebelum medan ‘sebenarnya’. Dari pos 2 ke Batu Lumut adalah lokasi menantang karena area ini masih dijumpai harimau Sumatra. Jadi, kamu harus waspada dan tidak menghabiskan waktu lama untuk istirahat di pos tersebut.

Jalur setelah pos 3 terdapat beberapa shelter dengan karakteristik trek berbeda-beda. Sebelum sampai Tugu Yuda, kamu harus melewati medan berat tanjakan berbatu yang menguras tenaga. Bisa dibilang ini merupakan spot dengan level paling mantap. Selain mengandalkan kekuatan fisik, kerjasama tim juga sangat penting untuk menaklukkan trek curam ini.

Menuju Indrapura, Puncak Tertinggi Sumatra

Sebelum mencapai puncak, kamu terlebih dahulu harus melewati Tugu Yuda. Ini merupakan area bercadas dan spot pilihan untuk istirahat sebelum menaklukkan tanjakan terakhir menuju puncak Indrapura karena lokasinya cukup datar serta luas. Setelah cukup beristirahat, wisata pendakian Gunung Kerinci bisa dilanjutkan ke puncaknya.

Trek ke puncak Indrapura berupa tanjakan berbatu dan berpasir yang cukup curam. Di bagian atas, kamu sudah disambut oleh atap Sumatra berupa bibir kawah aktif dengan ketinggian 3.805 mdpl. Saat berada di puncak, pendaki wajib hukumnya berhati-hati karena terdapat kawah aktif sedalam 600 m yang menyemburkan gas belerang.

Pastikan kamu melakukan persiapan matang jika ingin mendaki Kerinci. Karena gunung ini masih liar dengan medan cukup sulit serta merupakan rumah bagi harimau Sumatra. Kerjasama dalam tim juga berpengaruh terhadap kesuksesan pendakian. Selalu taati SOP yang diberlakukan untuk menjaga keselamatan diri selama melakukan wisata pendakian Gunung Kerinci.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.