Beranda » Budaya » Wisata Belanja Jambi yang terkenal

Tak lengkap rasanya jika berkunjung di Provinsi Jambi tanpa membeli oleh-oleh atau cindera mata untuk keluarga,teman dan sanak famili. Selain wisatanya yang berkembang pesat dengan potensi wisata budaya, alam dan historis. Jambi memiliki wisata belanja yang dapat memanjakan peminat shopping.

Berikut adalah beberapa wisata belanja Jambi yang terkenal cocok untuk membeli oleh-oleh:

Belanja Batik Khas Jambi

Beberapa daerah di Indonesia mempunyai motif kain batik yang khas, tidak terkecuali dengan Jambi. Batik Jambi memiliki khas motif bunga-bunga, berbeda dengan batik daerah lain. Pada zaman kerajaan, kain batik hanya digunakan sebagai pakaian adat oleh bangsawan atau Raja Melayu, sehingga batik merupakan pakaian yang mewah daneksklusif, karena tidak semua orang bisa memiliki dan memakainya.

Namun seiring berjalannya waktu, dan perkembangan jaman, pakaian batik bisa digunakan oleh siapa saja termasuk rakyat biasa. Bahkan sebagai upaya mengenalkan budaya daerah, pemerintah setempat juga menerapkan menggunakan seragam batik sebagai seragam dinas di lingkungan kerja dan kantor.

Di Kota Jambi sendiri memiliki sentra pembuatan batik yang cukup terkenal. Kawasan ini biasanya dikunjungi wisatawan di kawasan seberang Kota Jambi yang dapat dicapai dengan menggunakan perahu. Di sentra batik ini wisatawan juga dapat belajar melukis batik bersama penduduk lokal para pembuat batik dengan motif bunga-bunga. Kain batik yang sudah jadi dan siap pakai, banyak tersedia di Kota Jambi di berbagai butik dan toko batik khas Jambi.

Pusat Kawasan Keramik Pasar Sitimang

Jika anda menyukai hiasan unik berbahan keramik, singgahlah di Pasar sitimang, Kota Jambi. Di pasar ini wisatawan dapat menemuia banyak penjual keramik-keramik yang cantik. Pasar Sitimang menjual hiasan keramik seperti guci, perabotan, vas dan juga pajangan. Keramik ini diambil langsung dari Batam, sehingga harga pun terjangkau, bahkan harga keramik disini setengah lebih murah dari harga keramik yang ada di Jakarta dan daerah lainnya.

Toko-toko keramik yang ada di Pasar Sitimang merupakan usaha turun temurun sejak tahun 1980-an, saat ini ada 9 toko yang khusus menjual berbagai macam keramik. Toko keramik disini dimiliki oleh 3 keluarga yang merupakan warisan turun temurun. Banyak yang membeli hiasan keramik dalam jumlah banyak untuk dijadikan souvenir pernikahan. Selain itu Pasar Sitimang ini juga menjual pakaian, pernak-pernik, tas dan aksesoris.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.