Beranda » Adventure » Wisata Alam Gunung Kerinci Jambi, Atap Sumatera

Wisata Alam Gunung Kerinci sangat cocok untuk anda yang menyukai petualangan luar ruang dan pendakian gunung. Pasti sebagian dari kalian sudah tahu kalau Gunung Kerinci adalah salah satu gunung berapi yang terkenal di Sumatera. Hampir semua orang di Sumatera pasti tahu tentang gunung ini.

Gunung Kerinci terletak di jajaran Bukit Barisan, mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di Sumatera dan Indonesia. Gunung ini terletak diantara 2 propinsi yaitu Propinsi Sumatera Barat dan Propinsi Jambi. Titik start pendakian Gunung Kerinci berada didesa Kersik Tuo Kabupaten Kerinci.

Bagi anda yang belum pernah mendaki Gunung dengan ketinggian lebih dari 3000mdpl, kami sarankan anda menyewa Guide yang berpengalaman di Medan Gunung Kerinci sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena Cuaca di Gunung Kerinci selalu berubah-ubah dengan cepat dan dibutuhkan seorang / pendamping / porter yang telah berpengalaman melalui medan pendakian. Karena Keselamatan dalam melakukan Wisata Alam Gunung Kerinci adalah hal yang utama.

Jika ingin mendaki Gunung Kerinci, Anda harus terlebih dahulu menuju ke Pondok R10 yang berada 1611m di atas permukaan laut. Jalan menuju chalet ini selalu beraspal, meski beruntung bisa berkendara bersama warga sekitar yang membawa kendaraan. Jika Anda berjalan kaki, Anda akan membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai penginapan. Di gubuk ini Anda juga harus membayar biaya pendakian sekitar Rp 10.000.

Dari Pondok R10, lanjutkan menuju Pintu Rimba. Pintu gerbang hutan ini berada di ketinggian 1.800 mdpl, kondisi jalan masih beraspal dan melewati perkebunan. Pintu gerbang hutan akan membawa kita ke tiang pertama pendakian, yaitu Pos Bench Panjang. Medan yang harus anda lintasi untuk menuju pos pertama pendakian tidak terlalu terjal, anda akan melintasi hutan yang heterogen dengan trek yang selalu landai. Sebelum sampai di Pos Bangku Panjang, Anda akan melewati Pos Batu Lumut yang berada 2000 meter di atas permukaan laut. Di artikel kedua ini, saat musim hujan, Anda bisa mendapatkan air.

Begitu sampai di Long Bench Post Anda akan memulai jalan setapak dengan rute yang terjal dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Ada shelter pertama disini yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat jika tidak bisa melanjutkan perjalanan sejauh tiga kilometer dengan trek yang memiliki kemiringan rata-rata 45 derajat. Setelah melewati trek, Anda bisa mengakses halte kedua. Dari tempat perlindungan kedua hingga perlindungan ketiga Anda harus menempuh jarak dua kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Di shelter ini Anda bisa menemukan sumber air dan terdapat lahan luas yang bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan tenda. Dari situ pemandangan indah mulai tampak. Anda dapat melihat pemandangan desa Tuo Grit. Perjalanan dilanjutkan menuju shelter keempat.

Dari shelter ketiga hingga shelter keempat, dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Untuk mencapai puncak Gunung Kerinci Anda harus menempuh perjalanan selama dua jam dari shelter keempat dengan medan pasir dan bebatuan, suhu dingin dan angin kencang. Dalam perjalanan menuju puncak Anda akan menemukan tugu Yudha yang dibangun untuk menghormati seorang pendaki yang meninggal saat mendaki dan jasadnya tidak ditemukan. Lima belas menit dari Monas, Anda akan sampai di puncak tertinggi di Pulau Sumatera yaitu puncak Gunung Kerinci. Puncak Gunung Kerinci memiliki kawah yang masih aktif.

Dari puncak Gunung Kerinci seperti yang bisa dibayangkan, pemandangan alamnya sangat menakjubkan. Laut Indonesia sangat indah dilihat dari puncak ini, dikelilingi oleh desa-desa pesisir di sekitarnya. Di sebelah selatan, Anda bisa melihat pemandangan Danau Gunung Tujuh. Jangan lewatkan kesempatan melihat matahari terbit dari Gunung Kerinci. Matahari terbit dengan indah di atas dataran hutan hujan Sumatera yang luas. Pengalaman ini pasti akan menjadi pengalaman menarik yang bisa Anda hargai selama sisa hidup Anda. Buatlah beberapa persiapan penting sebelum Anda mendaki, terutama bagi Anda yang baru mengenalnya. Ingatlah untuk memeriksa kesehatan Anda sebelum mendaki.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.