Beranda » Kuliner » Tempat Wisata Kuliner Papua paling Populer

Papua memiliki keindahan alam yang luar biasa. Namun siapa sangka selain panorama alam yang epik, papua juga memiliki wisata kuliner yang memiliki cita rasa yang lezat dan khas Indonesia Timur. Jika anda berwisata ke Papua, pokoknya wajib mencicipi makanan khas papua, berikut diantaranya Tempat Wisata Kuliner Papua paling Populer

1. Ikan Bakar Manokwari Tempat Wisata Kuliner Citarasa Khas Papua

Manokwari adalah salah satu daerah yang ada di Tanah Papua. Manokwari menyediakan makanan khas yang memiliki dengan cita rasa lezat bernama Ikan Bakar khas Manokwari.

Ikan Bakar Manokwari menggunakan sambal khas yang hanya ada di Papua. Ciri khas masakan ikan bakar ini adalah bumbu yang disiram kan pada ikan yang telah dibakar, berupa sambal yang digiling kasar dan disajikan mentah sehingga memiliki cita rasa pedas yang unik. Jika anda berkunjung di Manokwari sebaiknya wajib mencoba kuliner khas yang satu ini

2.Sate Ulat Sagu, Wisata Kuliner Ekstrim Khas Papua

Salah satu Makanan pokok Masyarakat papua adalah sagu. Dalam pohon sagu umumnya terdapat ulat yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Papua sebagai tambahan sumber makanan. Ulat sagu ini dimasak dengan cara disate.

Sate Ulat Sagu termasuk salah satu makanan ektrem Bumi cendrawasih dan biasa juga disebut “Koo”. Untuk dapat mencicipi kuliner extrem ini anda tidak perlu repot-repot mencarinya di hutan, karena Kamu bisa mencicipi hidangan di Jayapura, tepatnya di pasar Youtea Abepura Jayapura.

Akan ada banyak masyarakat asli papua yang membawa tangkapan ulat sagu dan diperjual belikan disini.

3.Martabak Sagu, Sajian Wisata Kuliner Unik Khas Papua

Kalau mendengar kata martabak pasti kita akan langsung menyebutnya Martabak Manis dan Martabak Asin. Jika anda berkunjung ke Papua, anda bisa menjumpai Martabak Sagu, karena memang menggunakan bahan dari Sagu.

Martabak Sagu memiliki rasa dengan keunikan tersendiri. Martabak ini berasal dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Martabak ini sangat disukai masyarakat sekitar karena memiliki ciri khas rasanya yang manis dan gurih.

Cara pengolahan Martabak ini dari sagu yang telah halus, kemudian digoreng dan diberi gula aren atau Gula merah. Rasa makanan khas Fak-fak ini enak dan manis sehingga tidak kalah lezat dengan martabak yang banyak kita jumpai.

4.Aunu Senebre Tempat Wisata Kuliner Menarik Papua

Aunu Senebre salah satu wisata kuliner terbaik Papua yang digemari banyak orang. Makanan ini mudah ditemukan di Papua dan memiliki tampilan yang begitu tradisional. Aunu Senebre telah terpilih menjadi salah satu nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017, kategori Makanan Tradisional Terpopuler.

Aunu Senebre terbuat dari olahan ikan teri nasi yang dicampur daun talas dan kelapa kemudian dikukus. Siapa pun yang makan masakan ini pasti merasakan sensasi istimewa karena Aunu Senebre memang hanya terdapat di Papua.

5.Udang Selingkuh, Makanan Pupuler Khas Papua

Pasti anda Heran mengapa dinamakan Udang Selingkuh? APakah Karena Udangnya Nakal?
Bagi orang Papua khususnya di Wamena pasti tidak asing dengan makanan Udang Selingkuh. Salah satu Tempat Wisata Kuliner Unik yang nikmat ini memang sangat populer di Wamena.

Udang ini merupakan hasil tangkapan asli dari Sungai Baliem, sehingga memiliki cita rasa yang khas luar biasa. Udang selingkuh termasuk dalam menu wajib yang layak dicoba bila ke Wamena.
Dinamakan Udang Selingkuh karena dikaitkan dengan keberadaan capit/jepit besar yang ada pada udang tersebut Namun Tekstur tubuhnya persis udang-udang pada umumnya. Bedanya, udang jenis ini memiliki capit layaknya capit kepiting.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.