Beranda » Kuliner » 5 Makanan Khas Jambi, Cocok untuk Wisata Kuliner

Tak enak dan lengkap jika berwisata tanpa mencicipi makanan khas Jambi. Jambi merupakan salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi karena pemerintah setempat terus mengembangkan beragam destinasi baru. Ada banyak pilihan destinasi seperti wisata alam dan wisata sejarah. Apa saja makanan khas yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner? Berikut daftarnya:

1. Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu sajian kuliner khas Jambi yang sangat populer di daerah Sumatera lainnya. Kuliner ini terbilang cukup unik karena terbuat dari buah durian sebagai bahan utamanya. Buah Durian kemudian difermentasi dan ditambah bumbu rempah lainnya.

Biasanya tempoyak disajikan bersama nasi putih. Tempoyak biasa digunakan juga sebagai bumbu masakan oleh orang Jambi seperti menambahkan tempoyak ini ke dalam sambal atau gulai, sehingga membuat masakan menjadi lezat. Oleh karena itu, tempoyak adalah salah satu jenis makanan khas Jambi yang wajib dicoba.

2. Daging masak Hitam / itam

Daging Masak Hitam adalah olahan daging sapi yang dibumbui dengan rempah yang menghasilkan warna hitam pekat. Makanan khas ini merupakan olahan daging sebagai lauk yang memiliki rasa khas.

Daging masak Hitam makanan khas Jambi

Daging masak Hitam makanan khas Jambi

Sekilas, makanan khas Jambi ini hampir mirip dengan kuliner khas Betawi yakni semur daging. Tekstur daging yang sangat empuk membuat bumbu rempah meresap dengan sempurna.Daging masak itam memiliki rasa manis dan gurih serta berkuah hitam pekat. Daging masak Hitam bisa jadi opsi wisata kuliner bagi penyuka daging.

3. Gulai tepek ikan

Gulai tepek ikan merupakan makanan khas Jambi berbahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu gulai. Umumnya menggunakan ikan gabus atau ikan tenggiri karena teksturnya yang lembut. Hidangan ini berbeda dari Gulai pada umumnya walaupun menggunakan bumbu Gulai, sebelum dimasak dengan bumbu gulai, ikan terlebih dahulu diolah dengan adonan tepung sagu dan bawang putih mirip seperti pempek.

Gulai Tepek Ikan Jambi via instagram/galeri_jambi

Itulah yang disebut dengan tepek. Kemudian tepek disiram dengan kuah gulai. Manis Makanan ini memiliki rasa asam segar karena ada potongan nanas pada kuah. Di Jambi, gulai tepek ikan termasuk makanan sakral yang hanya disajikan pada kesempatan khusus seperti pernikahan, acara adat, ataupun saat menyambut tamu istimewa. Namun saat ini sudah ada beberapa tempat makan di Jambi yang menjualnya pada hari-hari biasa.

4. Nasi gemuk khas Jambi.

Nasi gemuk merupakan salah satu sarapan favorit bagi orang Jambi. Nasi gemuk ini mirip dengan nasi uduk orang Betawi, yaitu hidangan nasi putih berbumbu dilengkapi dengan lauk-pauk dan biasa disantap untuk menu sarapan. Meski mirip, nasi gemuk dan nasi uduk tetap memiliki perbedaan pada lauk-pauk pelengkapnya.

Pelengkap untuk nasi gemuk adalah telur dadar iris atau rebus, teri kacang goreng, bihun goreng, bawang goreng dan sambal merah ulek. Nasi Gemuk Jambi sangat mudah dijumpai di pagi hari di pinggiran jalan di Kota Jambi.

5. Kerutup Ikan

Makanan khas Jambi dominan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah kerutup ikan. Kerutup ikan adalah olahan ikan air tawar seperti gurame, nila dan mas. Ikan diberi bumbu khusus kemudian digoreng bersama daun kunyit untuk memberikan aroma khas. Selain enak di lidah, hidangan ini juga kaya akan nutrisi yang sehat untuk tubuh.

Kerutup Ikan via Facebook

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.