Beranda » Adventure » Destinasi Wisata di Jayawijaya Papua

Jayawijaya menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa, sehingga sayang jika keindahan alam ini untuk dilewatkan. Jayawijaya meruapakan kabupaten yang terletak di Provinsi Papua. Lokasinya kabupaten Jayawijaya berada di pegunungan, sehingga membuat kabupaten ini memiliki landcape alam yang menakjubkan. Nah, berikut adalah beberapa destinasi wisata di Jayawijaya Papua yang cukup menarik bisa kamu kunjungi.

Lembah Baliem, Tempat Tinggal Suku Asli Papua

Lembah Baliem adalah lembah dengan ketinggian 1600 mdpl dan dikelilingi pegunungan Jayawijaya. Pada malam hari suhu disini berkisar 10-15 derajat celcius, sehingga hawa sejuk akan sangat terasa nikmat disini.

Lembah Baliem dihuni oleh Suku Asli Papua diantaranya Suku Yali, Suku Lani, dan Suku Hubula (Dani). Setiap bulan Agustus selalu diadakan Festival Budaya salah satunya atraksi kolosal perang antarsuku yang Menarik untuk disaksikan !.

Untuk berkunjung di Lembah Baliem sobat bisa Mendarat di Bandara Wamena kemudian bisa menuju area utama Festival Lembah Baliem yang berjarak kurang lebih 30 menit.

Danau Habema Jayawijaya, Danau Tertinggi di Indonesia

sumber : instagram  @mellyabskrn

Danau Habema berada di ketinggian 3.225 mdpl, yang hampir menyamai Tinggi Gunung Lawu Jawatengah, sehingga bisa dipastikan udara disini sejuk. Hal unik yang dapat anda temui di Danau Habema adalah burung-burung cantik yang hanya ada di Tanah Papua.

Bagi pecinta kabut dan Suasana Syahdu sangat cocok untuk berkunjung di Danau ini. Karena hampir selalu ada kabut di atas danau ini dengan perpaduan Panorama Epik Gunung Trikora.

Bandara Terdekat: Bandara Wamena, perjalanan darat 45 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam dengan menggunakan mobil rental/sewaan.

Air Terjun Walesi, Wamena

Sumber: Instagram @_febrian

Ingin berenang dan menikmati kesegaran air pegunungan ? kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Walesi, yang berlokasi di Distrik Walesi, Wamena. Air terjun ini tak memiliki ketinggian yang terlalu curam, namun memiliki pemandangan yang indah. Dibawah air terjun ini terdapat kolam yang tidak begitu dangkal, sehingga wisatawan bisa puas berenang atau sekedar bermain air untuk merasakan kesegaran airnya.

Gua Kontilola Konon Pernah Ditinggali Alien

Sumber: Instagram@sarrymartin

Lembah Baliem salah satu tujuan wisata yang memiliki banyak keunikan dan panorama indah, salah satunya yang cukup menarik adalah Goa Kontilola. Konon kabarnya dalam Goa ini terdapat lukisan aneh dan misterius yang dipercaya masyarakat setempat mirip sosok Alien.

Lukisan tersebut berada di binding yang sangat tinggi dan jauh dari tanah, sehingga sangat mustahil jika hanya di lukis oleh manusia biasa. Goa Kontilola memiliki ruang yang cukup besar, dan mulut goanya yang lebar.

Kampung Wisata Suroba

Sumber: Instagram @godewi70

Di Kampung ini penduduknya bertempat tinggal di rumah tradisional Papua yang disebut Honai. Rumah tradisional ini terbuat dari bahan-bahan alam yang di ambil dari hutan. Dengan ciri khas bentuknya seperti jamur. Pintu sangat rendah sehingga jika ingin masuk harus merunduk terlebih dahulu.

Kampung Wisata Suroba terkenal dengan sikap penduduknya yang ramah. Anda akan betak berkunjung disini. Pemandangan alam disekitar kampung ini juga indah dan menawan.

Pasir Putih Desa Aikima

Sumber: IndonesiaKaya.com

Salah satu spot menarik yang ada di Lembah Baliem adalah Pasir Putih di Desa Aikima. Pasir putih ini cukup unik karena berada di bukit bukan di sebuah pantai. Menurut informasi penduduk setempat dahulunya Lembah Baliem adalah danau besar, kalau tidak salah namanya Wio. Jadi, Pasir Putih merupakan sisa peninggalan danau Wio. Akses Untuk menuju ke Desa Aikima ini kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari Jalan Raya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.