Beranda » Budaya » Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berkunjung ke Uzbekistan

Uzbekistan adalah salah satu negara paling menarik di Asia Tengah. Uzbekistan memiliki sejarah yang sangat menarik, penuh dengan peperangan dan perebutan kekuasaan, dan juga perdamaian. Kota-kota Uzbekistan yang berdiri di Jalur Sutra, berkembang berkat perdagangan. Terutama Samarkand, yang merupakan ibu kota di abad ke-14. Kota-kota lain seperti Bukhara atau Chiva, benar-benar menakjubkan dan penuh dengan monumen yang megah.

Uzbekistan juga memiliki pahlawannya dan salah satunya adalah penakluk Timur yang terkenal, yang potretnya mungkin Anda lihat di banyak tempat. Orang-orang Uzbek melihat bahwa pada masa pemerintahannya ia menaklukkan wilayah-wilayah yang luas dan menjadi prajurit yang hebat.

Tokoh penting lainnya adalah cucu Ulugh Beg dari Timur. Dia memiliki strategi yang sama sekali berbeda. Namanya menjadi identik dengan sains dan pendidikan di Uzbekistan. Dia membangun universitas dan masjid serta mengumpulkan ilmuwan dari seluruh dunia.

Selama abad ke-20, Uzbekistan menjadi bagian dari Uni Soviet. Rezim masih dianggap otoriter, sekarang ada demokratisasi bertahap yang meningkat. Namun Uzbekistan masih sangat miskin, sebagai salah satu republik pasca-Soviet, meskipun kondisinya perlahan membaik.

Sebagian besar wilayah Uzbekistan ditutupi oleh gurun. Yang terbesar di antara mereka adalah Gurun Merah Kyzyl-Kum. Juga layak disebut cagar alam Samis, yang terkenal dengan gambar-gambar cadasnya. Orang-orang yang telah melakukan perjalanan dari Zaman Perunggu ke Abad Pertengahan. Ribuan gambar menggambarkan hewan dan manusia.

Danau terbesar di Uzbekistan adalah Aydar-kul, melampaui ukuran Danau Aral yang kering. Bagi wisatawan, ini adalah tempat paling indah untuk bersantai dan mandi di air yang jernih. Spesies hewan unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain tinggal di sini. Kota Moynaq, yang terletak di tepi Danau Aral, menawarkan kunjungan unik untuk melihat kuburan kapal-kapal kuno. Kota ini dulunya adalah pelabuhan yang maju sebelum danau mulai mengering dan para nelayan secara bertahap meninggalkan tempat ini.

Makanan Uzbekistan sangat spesifik dan telah dipengaruhi oleh beberapa masakan dunia. Ada unsur-unsur Persia, Kazakh dari abad ke-19, bahkan masakan Rusia. Orang Uzbek makan terutama daging – domba dan sapi. Sebagai Muslim yang taat, mereka tidak makan daging babi, sedangkan daging ayam dan ikan sangat jarang di sini.

Itulah sekilas tentang Uzbekistan, semoga dapat menambah wawasan anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.