Beranda » Budaya » Beberapa Fakta Menarik Tentang Rusia

Beberapa fakta menarik tentang Rusia berikut akan membantu anda mengenal Rusia lebih jauh.

1. Rusia adalah negara terbesar di dunia dan lebih besar dari Pluto.
Ini mencakup area seluas 17 juta kilometer persegi, di mana Siberia membentuk 77 persen. Itu membentang sejauh di seluruh dunia bahwa Rusia memiliki 11 zona waktu yang berbeda. Rusia memiliki populasi sekitar 144 juta orang.

2. Rusia dan AS hanya berjarak 4 km pada titik terdekat yang merupakan jarak antara dua pulau Little Diomede (AS) dan Big Diomede (Rusia) yang terletak di tengah Selat Bering, jalur antara Siberia dan Alaska. Di tengah musim dingin, jembatan es terbentuk di antara kedua tempat itu tetapi dilarang keras untuk melintasinya. Alaska sendiri dulunya bagian dari Rusia: Rusia menjualnya ke Amerika dengan harga USD 7,2 juta pada tahun 1867.

3. Kosmonot Rusia Yuri Gagarin adalah manusia pertama di luar angkasa ketika dia mengorbit bumi dalam penerbangan 108 menit pada tahun 1961. Pada tahun 1967 Rusia juga meluncurkan satelit pertama di dunia, Sputnik.

4. Rusia adalah rumah bagi sekitar 20 persen pohon dunia, dan seperlima dari air tawar dunia ada di Danau Baikal.
Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia, dan terletak di utara perbatasan Mongolia di Siberia tenggara; danau membentang 644 km (400 mil) dan sekitar 1.637m (5.000 kaki) dalam. Rusia juga merupakan rumah bagi sekitar 640 miliar pohon – hampir setengah dari negara tersebut ditutupi oleh hutan. Hutan liar terakhir di Eropa ini meliputi petak besar Siberia, rumah bagi harimau Siberia yang terancam punah.

5. Kata tsar berasal dari kata latin caesar. Tsar atau kaisar pertama Rusia, Ivan IV, lebih dikenal sekarang sebagai Ivan the Terrible, dimahkotai pada tahun 1547. Yang terakhir adalah Tsar Nicholas II yang dieksekusi pada tahun 1918.

6. Revolusi Rusia bukan hanya satu tapi dua. Dalam Revolusi Februari 1917, terjadi demonstrasi dan kerusuhan di Petrograd (sekarang St. Petersburg) dengan kekerasan dan pemerintahan sementara menggantikan Tsar Nicholas. Revolusi Oktober (sebuah kudeta) pada tahun 1917 menandai dimulainya Soviet Rusia, ketika Vladimir Lenin dan kaum Bolshevik (dari bahasa Rusia bolshinstvo yang berarti ‘mayoritas’) mengambil kendali. Setelah revolusi, Saint Petersburg berhenti menjadi ibu kota Kekaisaran Rusia pada tahun 1918 setelah memegang gelar selama lebih dari 200 tahun.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.