Beranda » Tempat Wisata » Selain Ibadah, Berikut Adalah Destinasi Wisata di Mekkah

Daya tarik koka Mekkah, Arab Saudi, bukan hanya karena ia tempat ibadah haji dan umroh. Sebagai kota kelahiran Islam dan para nabi, Mekkah juga memiliki sejumlah objek wisata religi sangat menari. Nilai sejarahnya yang tinggi dan berdimensi religius menjadi nilai tersendiri bagi sejumlah objek wisata di kota kelahiran Nabi Muhammad Saw ini.

Masjid Al Haram

Bukan hanya menjadi bagian dari ibadah namun ada juga nilai wisata yang bisa dikagumi di sekeliling Masjid Al Haram. Masjid ini adalah masjid terbesar di dunia yang dapat menampung 1,2 juta jamaah. Masjid suci ini terdapat sumur suci Zamzam serta Ka’bah.

Ghari Hira (Gunung Al Nour)

Di tempat inilah Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertama Al-Quran pada tahun 610 SM. Gunung ini juga dikenal sebagai Jabal-al Noor. Letaknya berada di Timur Laut kota Mekah. Jaraknya sekitar 6 KM dari Ka’bah. Untuk mendaki bukit yang sepenuhnya terdiri atas susunan batu-batu tajam dan licin itu diperlukan waktu kurang lebih satu hingga 1,5 jam.

Gua Tsur – Jabal Tsur

Berjarak lima kilometer dari Kota Makkah, Jabal Tsur berupa barisan bukit batu dan merupakan perbukitan tertinggi yang ada di Mekah. Gunung Tsur terdapat tiga puncak yang saling berdekatan. Gua Tsur terletak di salah satu puncak tersebut. Dulu banyak jamaah haji berupaya naik ke Jabal Tsur dan melihat Gua Tsur. Namun, kondisi medan bukit yang terjal, serta waktu tempuh yang cukup lama, sekitar 2-3 jam untuk mencapai gua, membuat pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan naik ke Jabal Tsur. Pengunjung saat ini hanya dibolehkan menyaksikan Jabal Tsur dari bawah bukit.

Badr

Badr adalah Perkampungan antara Mekah dan Madinah. Ada 14 Suyhada Perang Badr yang dimakamkan di tempat ini. Didekat lokasi pemakaman terdapat Masjid Al-Arish. Di masjid inilah Nabi Saw dan para sahabat menunaikan shalat selama perang Badr.

Suquq Lail – Tempat Lahir Nabi Saw

Objek Wisata Terkemuka di Makkah yang layak untuk diulas terakhir adalah Suquq Lail. Rasulullah Saw diyakini lahir di kaki Gunung Abi Qubais di kampung Suqul-Lail, Makkah.  Saat ini tempat kelahiran tersebut telah menjadi perpustakaan umum

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.